Kunjungi Buteng, Amirul Tamim Sarankan Pemkab Sediakan Kawasan Industri Barang

Bupati Buteng, Samahuddin, Sekda Buteng, Kostanstinus Bukide saat menemani Anggota DPD RI, Amirul Tamim
Bupati Buteng, Samahuddin, Sekda Buteng, Kostanstinus Bukide saat menemani Anggota DPD RI, Amirul Tamim (hitam) saat meninjau langsung lokasi Ibukota Buteng.

Reporter : Syaud Al Faisal
Editor : Ardilan

Video Jendela Sepekan 6 September 2020

LABUNGKARI – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Amirul Tamim melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Dalam kunjungannya itu, Amirulmenyarakan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng menyediakan jasa kawasan perindustrian barang.

Menurutnya, jika Pemkab Buteng menyediakan jasa kawasan industri barang maka sektor ekonomi Buteng bisa berkembang dengan sangat baik. Pasalnya, geografis Buteng mendukung hal itu karena letaknya yang berada di depan provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhadapan langsung dengan Maluku, Makassar dan Papua.

“Sektor perindustrian barang sangat mumpuni bagi Buteng, apabila ingin meningkatkan ekonomi maupun pendapatan daerah. Karena letak kawasannya sangat strategis. Otomatis segala pasaran yang akan distribusikan di daerah lain, dapat lebih mudah dan yang terpenting lebih menguntungkan masyarakat. Tapi, kalau potensi ini di laksanakan,” ungkap Amirul Tamim dihadapan Bupati Buteng, H Samahuddin saat ditemui di kantor Bupati Buteng, Senin 10 Agustus 2020.

Mantan Wali Kota Baubau dua periode ini juga sangat mengapresiasi pembangunan negeri seribu gua dibawah Komando Bupati Samahuddin. kata Amirul, kerja nyata yang di bangun Pasangan Bupati Samahuddin dan Almarhum Wakil Bupati Buteng, La Ntau begitu dirasakan oleh masyarakat di daerah itu.

“Bisa kita lihat, akses masyarakat kini lebih mudah dengan adanya jalan mulus. Kemudian, pendapatan masyarakat juga kian meningkat. Misalnya, para pedagang bisa menjajakan hasil kebun atau lainnya ke kecamatan lain. Begitu pun sebaliknya,” katanya usai melakukan kunjungan langsung di lapangan.

Amirul juga sangat mengakui terebosan yang dibangunan oleh Pemkab Buteng dengan menempatkan kawasan Ibukota di Labungkari serta menyebarkan kantor-kantor OPD di seluruh Kecamatan di Buteng. Hal ini sangat tepat karena dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Harus diacungkan jempol kepada Bupati Buteng. Perencenaan pembangunan sampai dengan penataan kota sudah sangat baik. Tinggal bagaimana mengembangkan segala potensi SDA dan melihat potensi nasional kedepannya,” puji mantan anggota DPR RI itu.

Sementara, Bupati Buteng, Samahuddin menambahkan dirinya mengajak langsung Amirul Tamim untuk berkeliling agar bisa melihat pekerjaan yang sementara dibangun oleh pihaknya.

“Mulai dari melihat pembangunan pintu gerbang Mawasangka Timur, pembangunan jalan dari RSUD menuju Labungkari. Dan terakhir, melihat progres pembangunan jalan menuju pelabuhan kontainer Wamengkoli,” urainya.

Menurutnya, dengan mengajak senator RI Dapil Sultra itu untuk berkeliling, orang nomor satu di Buteng ini ingin memperlihatkan pembangunan yang sementara di kerjakan oleh Pemkab. Selain itu, ia ingin mendengarkan masukan untuk menjadi pertimbangan dalam menyusun konsep dalam melihat potensi wilayah.

“Iya jadi ini alasan utama kita dalam mengajak pak Amirul untuk keliling melihat Pembangunan di Buteng. Apalagi, beliau sudah mapan dalam melihat potensi wilayah daerah kedepan,” pungkas Politisi PDIP itu.