oleh

Hasil Pilkades Serentak Buteng, 7 Incumbent Masih Bertahan

LABUNGKARI – Pemilihan Umum Kepala Desa secara serentak di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan Selasa (28/11) dinyatakan sesuai target Pemda Buteng. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Buteng, Ismail Rewa, saat ditemui di ruangannya, (29/11).

“Berbicara tentang tahapan dan proses kemarin pelaksanaan Pilkdes serentak, Alhamdulillah kita sudah laksanakan dengan tertib aman dan demokratis yang kemudian akan dilaksanakan tahapan selanjutnya,” Jelas Ismail.

Ismail Rewa, menambahkan, setelah tahapan pemilihan secara lansung, Panitia Pemilihan Kepala Desa, selanjutnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akan bersurat ke Pemerintah Kecamatan untuk diteruskan ke Pemerintah Kabupaten Buton Tengah.

“Panitia Pilkades akan menyerahkan hasil rekapitulasi pemilihan kepada Kepala BPD, kemudian BPD akan mengesahkan hasil Pilkades, selanjutnya akan mengirim surat untuk diteruskan kepada Pemerintah Kecamatan dan Kecamatan akan bersurat kepada Pemerintah Kabupaten untuk menentukan jadwal pelantikan,” jelasnya.

Dia menambahkan, setelah dilantik nanti, Kepala Desa diharapkan mampu memberdayakan masyarakatnya dan berhati-hati dalam pengelolaan anggaran di desa yang akan dipimpinnya.

“Setelah mendapat legitimasi dari hasil sebuah Pemilihan Kepala Desa, nanti setelah pelantikan saya harap para Kepala Desa terpilih dapat melaksanakan pemerintahan di desa dengan baik, mengutamakan pemberdayaan terhadap masyarakat dan berhati-hati dalam pengelolaan anggaran di desa” tambahnya.

Untuk Pemilihan Kepala Desa yang dilaksanakan 28 November secara serentak di Kabupaten Buton Tengah diikuti oleh 16 desa dari 7 kecamatan. Yang menarik, berdasarkan data yang dihimpun sejumlah awak media, dari 16 desa rata-rata diikuti oleh mantan Kepala Desa (Incumbment). Tetapi hanya 7 desa yang bertahan melanjutkan pemerintahannya, yaitu:

Dari Kecamatan Sangia Wambulu antara lain, Desa Baruta Analalaki dimenangkan oleh Saharia dengan total 177 suara, Kecamatan Mawasangka Timur yakni Desa Batubanawa yang dimenangkan oleh Zaibudin dengan total 135 suara, dan Desa Wantopi dimenangkan oleh La Ogo dengan total 153 suara. Di Kecamatan Mawasangka Tengah yaitu, Desa Lalibo dimenangkan oleh Awaluddin dengan total 239 suara, dan Desa Watorumbe dimenangkan oleh Dahlan dengan total 360 suara, di

Kecamatan Mawasangka, Desa Oengkolaki dimenangkan oleh La Daheru dengan total 207 suara, dan Desa Kancebungi dimenangkan oleh Sahiruddin dengan total 308 suara. Dan untuk Kecamatan Gu serta Kecamatan Lakudo tidak ada mantan Kepala Desa yang terpilih kembali, sementara Kecamatan Talaga tidak ada yang mengikuti Pilkades Serentak.

Reporter: Dzabur
Editor: Jubirman

Terkini