oleh

Bantuan JPS Buteng Mulai Disalurkan ke Warga, Sekda: Jangan Untuk Beli Hape

Reporter : Syaud Al Faisal

LABUNGKARI – Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk warga terdampak covid-19 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mulai disalurkan.

Sekretaris Daerah Buteng, Kostantinus Bukide meresmikan penyalur JPS tersebut di Kantor Kecamatan Mawasangka, Kamis 10 September 2020, didampingi Kepala Dinas Sosial, Abidin.

Kostantinus Bukide mengatakan, dari hasil verifikasi yang dilakukannya aparat kelurahan dan kecamatan, penerima JPS di Buteng sebanyak 1.111 orang, dengan besaran anggaran yang dialokasikan sebesar Rp. 1 milyar.

“Sebenarnya total secara keseluruhan itu sebanyak 1.932 KK, tetapi kemampuan anggaran hanya mengakomodir 1,111 orang saja, jadi sisanya tinggal 821 KK,” terang Konstantinus Bukide.

Namun dirinya meminta warga agar tidak cemas jika belum menerima bantuan JPS, karena untuk 821 KK yang belum menerima hari ini, rencananya akan terima setelah perubahan anggaran nanti.

Sebab, lanjutnya, Pemda Buteng mendapatkan bantuan berupa Dana Insetif Daerah (DID) sebesar Rp 15,9 milyar dari Pemerintah Pusat, karena pelaporan anggaran Covid-19 Pemda Buteng dinilai bagus.

“Jadi bisa ditangani dari dana ini, karena dana ini digunakan untuk penanganan covid-19. Jadi sebelum akhir tahun semuanya sudah akan diterimakan,” jelasnya

Untuk itu, harap Bukide, selain dana ini bisa meringankan sedikit beban keluarga, juga diharapkan dapat dimanfaatkna sebaik mungkin untuk ketahanan rumah tangga.

“Jangan langsung dibelikan HP, tapi dapat dibelanjakan untuk keperluan rumah tangga, selanjutnya, jangan terprovokasi dengan isu diluar, sebab Pemda Buteng selalu berusaha untuk kebaikan masyarakat dan semuanya,” pungkasnya.

Terkini